Laman

Jumat, 10 Juni 2011

Merangsang Kecerdasan Anak


Untuk merangsang kecerdasan anak, orang tua dapat menstimulasi anak melalui permainan. Itu cara mudah mengajarkan anak dalam mengenalakanya berbagai macam yang dia ingin dan perlu tahu dan bisa merangsang daya otak anak dan bisa buat kecerdasan. Ada beberapa permainan yang dapat menstimulasi kecerdasan anak, antara lain:
1.    Awalnya anak diperkenalkan dengan mainan yang sederhana seperti boneka biasa dengan bebagai warna dan bentuk. Tapi pilihlah boneka yang lembut bukan yang keras ,karena anak akan suka memegangnya atau memeluknya.
2.    Berikan anak mainan yang dapat dibentuk sesukanya (open ended) seperti kubus atau lego. Apabila anak tersebut mulai senang membongkar atau otak-atik barang, ya alangkah bagusnya memberikan lego atau jenis mainan yang bisa dibongkar pasang, karena mainan tersebut bisa merangsang kecerdasan anak dan buat dia menjadi anak kreatif,karena mainanitu sangat menarik dengan berbagai macam warna dan gambar juga dia menciptakan sesuai dengan apa yang dia inginkan.
3.    Rangsang kemampuan komunikasi serta kreativitas anak, orangtua dapat ikut bermain dan mendampingi anak. Karena dengan apa yang diciptakan atau buat dalam bermainan, sebagai orangtua mencoba ikut dalam bermain dan medampingi,gunanya bisa bertanya atau menjelaskan apa yang sedang dibuat dan fungsinya apa,sehingga si anak bisa mengetahui hal-hal yang baru. Sebab daya hayal anak semakin tahun dan semakin berkembang sesuai dengan apa yang dia lihatnya. Jadi orangtua juga ikut andil dalam membantu keinginannya dalam menjelaskannya, diluar tempat dia sekolah.
4.    Memberikan anak mainan yang bisa ikut berkembang sesuai usia anak tersebut, karena anak itu cenderung atau gampang merasa bosan. Kalau bisa dicarikan mainanyang bisa juga mengikuti perkembangan dan tahan lama dan bisa menciptakan berbagai macam mainan atau juga musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar